Wednesday, June 11, 2008

BACKUP(DUMPING) DAN RESTORE DATABASE MySQL

,
Setiap database penting untuk di-backup agar tidak terjadi bencana ketika sewaktu-waktu database yang Anda punya rusak, karena mati listrik mungkin... Atau mungkin suatu saat Anda ingin memindahkan database Anda ke komputer lain.. Who knows...? Ini saya ada tutorial untuk dumping dan restore database MySQL.

DUMPING:

Pertama, Anda harus tahu dulu username dan password yang dapat mengakses database yang akan di-backup(sebaiknya user yang mempunyai hak akses penuh terhadap database). Misalnya usernamenya budi, passwordnya budiganteng dan nama databasenya db_budi. Setelah itu ketikkan pada command prompt :

[sourcecode language='sql']mysqldump -u budi -p budiganteng db_budi > C:\backup\db_budi_backup.sql[/sourcecode]

Hasil file backup berupa file berekstensi .sql, dan dalam kasus ini nantinya file yang tercipta adalah db_budi_backup.sql yang terletak di C:\backup.

RESTORE:

Pertama, Anda buat dulu database di komputer lainnya(sebut saja komputer B) dengan nama database yang sama dengan database di komputer sebelumnya, dalam kasus ini, nama databasenya adalah db_budi dengan mengetikkan perintah create database db_budi. Di samping itu, di komputer B harus ada username budi dengan password budiganteng dengan level hak akses yang sama terhadap database di komputer sebelumnya, dalam kasus ini anggap saja admin. Jika belum ada, ketikkan perintah ini :

[sourcecode language='sql']grant all on db_budi.* to 'budi'@'localhost' identified by 'budiganteng'[/sourcecode]

Setelah user dibuat, pada command prompt ketikkan perintah :

[sourcecode language='sql']mysql -u budi -p budiganteng db_budi < C:\backup\db_budi_backup.sql[/sourcecode]

Setelah perintah ini dijalankan, maka Anda sudah me-restore database MySQL yang diinginkan.

0 comments to “BACKUP(DUMPING) DAN RESTORE DATABASE MySQL”

Post a Comment