Sunday, June 15, 2008

BAWANG PUTIH – BUMBU DAPUR BERKHASIAT

,
Banyak orang yang mungkin kurang suka dengan bawang putih. Selain baunya yang kita tahu sering untuk mengusir drakula pada banyak cerita fiksi(drakula pun nggak suka, hehe… ) juga mungkin rasanya yang agak aneh. Tapi, sebagai bumbu dapur, bawang putih bisa juga untuk mengganti peyedap masakan lho bahkan bisa juga untuk obat diabetes. Bawang putih mengandung senyawa yang bernama aliin. Ketika bawang diuleg(dihaluskan), senyawa aliin ini akan terurai menjadi alisin, amonia dan asam piruvat. Alisin sendiri mengandung zat belerang atau sulfur yang berbau menyengat, yang biasanya menjadikan kita tidak suka akan bawang putih. Lalu alisin ini akan diterbangkan oleh senyawa amonia ke udara yang semakin menambah baunya. Namun senyawa alisin yang menyengat ini memiliki khasiat untuk menghancurkan pembekuan darah pada arteri, mengurangi diabetes dan tekanan darah.
Selain itu bawang putih juga mengandung senyawa bernama alil dalam bentuk dialil-trisulfida, untuk mencegah penyakit degeneratif dan mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru.
Untuk mengobati diabetes, bawang putih dimakan mentah-mentah. Kalo tidak tahan dengan baunya bisa dibuat sambel kecap atau sambel bawang, yang penting bawang putih harus tetap mentah…
Untuk pencegahan kita bisa makan bawang putih 2 siung sehari, setiap hari…. Wah, tapi harga bawang putih tambah naik seiring kenaikan BBM.. Hoho… Ya itu, untuk menjaga kesehatan itu mahal, apalagi untuk mengubah status dari sakit menjadi sehat… Maka dari itu jagalah kesehatan selalu OK? ;)

0 comments to “BAWANG PUTIH – BUMBU DAPUR BERKHASIAT”

Post a Comment