Thursday, June 12, 2008

JAVA VS BAHASA PEMROGRAMAN LAINNYA

,
Java itu sulit, salah ketik sedikit error, rumit, dll.... Itu yang sering saya dengar dari orang-orang di sekitar saya. Ya, memang. Pada awalnya, Java memang terasa begitu sulit, karena Java merupakan bahasa pemrograman yang strongly-type(strict) dan mungkin Anda belum terbiasa saja. Tapi sadarkah Anda, bahwa dengan bahasanya yang strongly-type itu, malah membuat Java menjadi sangat konsisten dalam segala aspek. Dengan begitu, programming malah terasa nyaman.
Jika Anda sudah terbiasa dengan Java, berarti Anda telah menginvestasikan Java dalam hidup Anda. Menurut pandangan saya, hal itu sangat tepat karena banyak perusahaan mengembangkan Java, seperti IBM, Sun Microsystems, Oracle, dan Microsoft. Jika salah satu perusahaan mati, masih banyak perusahaan yang tetap mau mensuport Java. Yang kedua Java itu gratis. Semua bisa belajar Java. Yang ketiga banyak proyek2 yang menggunakan teknologi Java, dan Anda bisa memakainya dengan gratis juga, seperti Struts, Hibernate, Apache Tomcat, Tiles, Spring, Alfresco, dll.
Selain itu Java adalah bahasa pemrograman multi-platform, yang artinya dapat berjalan di atas berbagai macam sistem operasi(Windows, Linux,MacOS, dll), dengan semboyannya WORA(Write Once Run Anywhere). Kenapa bisa demikian? Karena hasil dari source code Java, setelah dikompilasi akan menjadi byte-code(.class), bukan berupa binary atau file executable, yang berekstensi .exe. Nantinya file .class tersebut akan dijalankan oleh Java Virtual Machine(JVM) yang ada di komputer Anda. Tentunya JVM ini harus Anda download terlebih dahulu di http://java.sun.com, dengan mendownload paket JRE atau JDK(gratis).
Satu lagi, Java sudah biasa menangani masalah-masalah aplikasi enterprise, dengan Java EE nya. Jadi, misalnya untuk 1 juta transaksi yang terjadi dalam satu detik, buatlah aplikasinya dengan Java. Semua akan menjadi mudah dan secure(aman). Tetapi akan saya ungkapkan di sini bahwa Java itu sangat lambat. Hal ini disebabkan oleh karena aplikasi Java hasil kompilasinya berupa byte-code. Jadi, ketika Anda menjalankan aplikasi Java, Java tidak langsung begitu saja menjalankannya, tetapi byte-code tersebut diterjemahkan dulu oleh JVM baru dijalankan. Tapi tidak masalah, karena dengan mengorbankan kecepatan, Java punya kelebihan yang jauh lebih bermanfaat, yaitu multi-platform. Jadi tunggu apa lagi untuk mulai belajar Java... Mulailah dari sekarang, dan jadilah segeralah Anda programmer Java!!

0 comments to “JAVA VS BAHASA PEMROGRAMAN LAINNYA”

Post a Comment