Monday, November 10, 2008

BENJAMIN FRANKLIN (1706-1790) - Seorang Pendiri Bangsa yang Tahu Nilai Doa

,
Kebanyakan orang mungkin sulit untuk berhasil dalam kehidupan dengan hanya mengecap dua tahun pendidikan formal, tetapi itulah permulaan hidup Benjamin Franklin.
Satu dari tujuh belas anak-anak, Ben kebanyakan belajar secara otodidak, dan setelah berhenti dari pekerjaan awalnya di bisnis percetakan, ia bekerja di Inggris. Ia kemudian pindah ke Philadelphia, di mana ia mendirikan bisnis percetakan dan bisnis koran sendiri. Ia sering menulis dengan nama samaran, termasuk sebuah karakter dengan nama “Silence Dogood” di Boston. “Poor Richard” adalah suara Ben dalam mengekspresikan pemikirannya tentang kebebasan, keadilan, dan semangat bersama. “Poor Richard Almanack”, yang tidak hanya ditulisnya tetapi juga diterbitkannya, menjadi buku yang paling dibaca setelah Alkitab di negara-negara koloni Amerika.
Franklin seorang penulis yang kreatif, seorang penemu, dan seorang murid. Beberapa di antara penemuannya adalah sebuah kompor yang memancarkan lebih banyak panas daripada tungku api konvensional, antena petir, teropong kursi goyang, dan instrumen musik yang disebutnya sebagai “armonica”. Franklin tidak pernah mematenkan penemuannya – ia mempersembahkan penemuan-penemuannya bagi banyak orang.
Franklin juga dikenal sebagai seorang pemimpin dan inovator pelayanan sosial. Ia membantu mendirikan perpustakaan umum pertama di Amerika Utara, kesatuan polisi, pemadam kebakaran sukarela, layanan pengumpulan sampah pertama, dan sebuah akademi yang menjadi the University of Pennsylvania (Universitas Pennsylvania).
Ia pensiun dari bisnis percetakannya pada usia empatpuluh dua tahun untuk mengejar “hobi-hobinya”. Selama waktu ini ia belajar bahasa Spanyol, Perancis, Italia, Jerman, dan Latin; melanjutkan penemuan-penemuannya, menjadi tertarik kepada perlistrikan; dan bekerja untuk pemerintahan kolonial. Ia dikirim oleh koloni-koloni ke Inggris pada tahun 1757 dalam usaha meyakinkan Inggris untuk memegang hak-hak kolonial. Ketika disadarinya bahwa Inggris tidak akan mendengarkan pengaduan-pengaduan kolonial, ia kembali pada tahun 1775 untuk membantu menulis rancangan the Declaration of Independence (Deklarasi Kemerdekaan). Pada akhir Revolusi, ia menjadi juru damai dengan Inggris dan menjadi wakil Amerika pertama terhadap Perancis.
Tahun 1780-an, ia dipanggil untuk membantu menulis rancangan Undang-Undang Amerika. Pada tahun 1787 dalam Konvensi Konstitusional, Ben mengambil posisi yang sangat berani. Konvensi terancam batal mengenai isu apakah negara-negara bagian kecil harus memiliki hak yang sama seperti negara-negara bagian besar. Kebuntuan tersebut semakin mencemaskan. Dalam usia delapan puluh satu tahun, Franklin muncul dengan sebuah usulan. Ia yakin bahwa Alkitab benar dalam mengatakan, “Jikalau bukan Tuhan yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya” (Mazmur 127:1), dan ia mengatakan: “Hadirin sekalian, saya telah hidup lama dan saya yakin bahwa allah mengatur hidup manusia. Jika seekor burung pipit tidak dapat jatuh ke tanah tanpa sepengetahuan Allah, apakah mungkin sebuah kerajaan dapat berdiri tanpa bantuan Allah? Saya mengucapkan doa tersebut memohon bantuan dari Sorga setiap pagi sebelum kita melanjutkan pekerjaan kita”. Pergolakan terus berjalan. Sejak itu, doa selalu dinaikkan setiap pagi sampai sebuah kompromi tercapai.

10 comments:

  1. wah, mulai nulis artikel2 rohani neh....
    sip2....
    lanjut gan

    ReplyDelete
  2. wew...keren
    dari dulu mang aku salah satu fansnya Benyamin franklin. kalo mau tau orang keren lainnya coba kamu bahas atau cari tentang Hudson Taylor, yang berubah dari bule jadi tiong hoa demi Tuhan atau Watchman Nee yang lidahnya dipotong demi Injil....

    ReplyDelete
  3. hmm, saya juga suka sama benjamin franklin, sekarang saya coba mengumpulkan foto - fotonya yang di kertas warna hijau itu lho ..

    ReplyDelete
  4. emmmm setuju aku, wong aku idola bangetttt'

    ReplyDelete
  5. [...] daku ??? emmm apa yg terjadi pada diriku yachhh ??? walahhh aku sendiri jadi bingung, tapi pagi ini buka blognya teman baru jadi malu dan hampir tersadarkan emmm hampir  sichhh’ ternyata selama ini aku kurang sekali [...]

    ReplyDelete
  6. thanks bro jadi terinspirasi aku hari ini karena tulisan diatas,.

    ReplyDelete
  7. Not the gun, but the man behind the gun..

    ReplyDelete
  8. hai teman-taman tolong dukung indonesia di lomba seo dunia yach!!! dengan memberikan link atau pun blog roll di website kalian, team ini sebenarnya yg th ini juga memenangkan kontes yg sama dan juara 1 dunia dan sekarang team ini juga mengikuti lomba yg sama lagi dengan harapan mengharumkan nama indonesia dengan misi " perlahan tapi pasti agar indonesia tidak hanya terkenal dengan cyber crime nya tetapi indonesia yg kreatif,pandai dan baik "

    linknya ke : http://www.imfreakz.com/busby-seo-test/
    dengan anchornya : Busby SEO Test

    makasih teman'

    ReplyDelete
  9. hai teman-taman tolong dukung indonesia di lomba seo dunia yach!!! dengan memberikan link atau pun blog roll di website kalian, team ini sebenarnya yg th ini juga memenangkan kontes yg sama dan juara 1 dunia dan sekarang team ini juga mengikuti lomba yg sama lagi dengan harapan mengharumkan kembali nama indonesia dengan misi " perlahan tapi pasti agar indonesia tidak hanya terkenal dengan cyber crime nya tetapi indonesia yg kreatif,pandai dan baik "

    linknya ke : http://www.imfreakz.com/busby-seo-test/
    dengan anchornya : Busby SEO Test

    makasih teman'

    wangnoni

    ReplyDelete
  10. tolong link ataupun blog roll nya docg di website ataupun di blog pribadi anda semuanya untuk lomba seo dunia agar nama indonesia kembali harum di dunia karena prestasinya bukan malah cyber crime nya ok???

    selengkapnya baca di wangnoni.com

    ReplyDelete