Friday, November 7, 2008

Kesalahan Kecil Yang Besar Sewaktu Ngoding

,
Pernah ada praktikan saya konsultasi via Yahoo Messenger. Sebut saja namanya Merry. Masalah yang dia konsultasikan ini masalah tugas PHP yang dia buat. Masalahnya apa tidak akan saya ceritakan panjang lebar di sini. Intinya, dia bertanya-tanya : "Ini tadi kok kalau nggak pake session bisa tapi setelah aku ganti pake session jadi nggak bisa ya?" Nah, begitulah pertanyaan pertama yang dia ajukan kepada saya. Hal pertama yang terpikirkan oleh saya : "Wah... tanya coding via YM... wew bakalan susah nih.. tp coba aja. Semoga bisa..". Singkat cerita setelah berdiskusi lewat YM untuk beberapa lama, saya sudah mulai frustasi. Sudah harus memahami algoritma orang lain, lewat YM pula. Dan waktu itu kebetulan saya juga baru chat dengan teman saya dari Kalimantan. Jadi pikiran ini bercabang dua.. Haiyya... Diskusipun berlanjut terus.. Tapi saya dari tadi cuma sebatas memberi masukan saja. Jadi ya sebenernya masih nrawang-nrawang agak tidak jelas begitu... Sejak tadi berkutat di masalah session yang muter-muter nggak jelas. Udah dicoba ini itu tetep nggak bisa.
Akhirnya saya meminta file phpnya untuk saya lihat sendiri secara langsung dan agar bisa saya coba. Pertama kali saya coba utak-atik bagian session. Dan ternyata memang ada yang salah. Tapi setelah dibetulkan, kesalahan baru muncul... dan ini agak membuat frustasi juga. Salahnya tidak ketemu-ketemu dan memang nampaknya kodenya sudah begitu sempurna. Tapi tak disangka, hanya kurang petik tutup pada salah satu statement echo saudara-saudara..... Bah!!! Sebel rasanya.... :x Karena cukup lama juga mencari kesalahan yang satu ini..
Nah, tampaknya kejadian seperti ini(kurang petik tutup lah, kurang titik lah, kurang koma lah, kurang kurung tutup lah dan lain sebagainya) sering terjadi. Kesalahan ini sungguh sangat sepele tapi sering kali menyita waktu. Apalagi sewaktu ujian.. Waduh... berapa waktu yang terbuang hanya untuk hal seperti ini?? Sungguh sangat disayangkan...
Mungkin saya ada sedikit tips buat Anda agar terhindar dari masalah-masalah di atas :

  • Ketiklah simbol-simbol yang berpasangan terlebih dahulu baru diisi tengahnya. Misal jika Anda mengetik statement echo "Hello World"; maka yang harus Anda ketik terlebih dahulu adalah kedua tanda petik, titik koma setelah tanda petik lalu barulah Anda ketik tulisan Hello World di tengahnya. Demikian juga jika Anda ingin menulis statement yang menggunakan segala macam kurung.
  • Agar terhindar dari kesalahan pengetikan sintaks atau pengetikan nama variabel, gunakanlah selalu intelisense atau fitur auto complete pada development tools yang Anda gunakan. Perhatikan juga pewarnaan sintaks yang sudah diatur oleh development tools yang Anda gunakan. Misal variabel ditampilkan berwarna hitam, keyword ditampilkan berwarna biru, kelas ditampilkan berwarna merah dan sebagainya. Jika Anda peka untuk melihat warna-warna tersebut dan sudah terbiasa menggunakan intelisense, maka Anda akan terhindar dari kesalahan penulisan sintaks, variabel, nama metode dan sebagainya.
  • Untuk dapat menggunakan fitur-fitur seperti intelisense dan pewarnaan sitaks, gunakanlah development tools yang bagus dan lengkap. Misalnya untuk web development tools Anda dapat gunakan Dreamweaver atau Quanta. Untuk development tools lain misal untuk aplikasi desktop, Anda bisa gunakan NetBeans, Visual Studio atau yang lain. Ingat development tools bukan text editor, walaupun kadang hampir sama.

Semoga tips saya ini membantu Anda dalam programming.. :D

1 comments: