Sunday, November 9, 2008

Macam-macam Pernak-Pernik dan Budaya Jepang

,
Gara-gara kemarin sempat membantu teman untuk menjual tiket Japan Festival UKDW, saya jadi tertarik untuk mencari informasi tentang performance, competition dan workshop yang berbau Jepang, yang akan diadakan pada saat J-Fest tersebut. Banyak kegiatan-kegiatan di sana yang saya belum tahu itu apa dan mungkin Anda juga belum tahu. :D Nah dari googling, saya akhirnya dapat menulis beberapa ulasannya :
  1. Taiko

    Giant Taiko

    Taiko adalah genderang yang terbuat dari kayu. Genderang ini berbentuk gentong dan pada sisi atas gentong ini dibentangkan 2 lapis kulit sapi yang kemudian nanti akan dipukul oleh sang penabuh, yang biasa disebut Bachi. Taiko ada beberapa jenis, seperti Nagado-Daiko(Taiko berbadan panjang), Okedo-Daiko(Taiko berbadan gentong), Uchiwa-Daiko(Taiko kipas), Hira-Daiko(Taiko datar) dan O-Daiko(Taiko besar). Selain untuk kesenian, Taiko biasanya digunakan untuk genderang perang. Pada saat perang bunyi genderang Taiko dimanfaatkan untuk mengatur prajurit,memotivasi pasukan atau memberi pengumuman.
  2. Bon Odori(Tarian Bon)

    Bon Odori

    Bon Odori adalah salah satu tarian Jepang yang biasanya dilakukan pada Bon Festival saat musim panas tiba. Bon berarti menyambut arwah leluhur atau tetua keluarga yang telah meninggal dan membuat upacara untuk arwah tersebut. Penyambutan arwah tersebut ditujukan untuk mengenang peristiwa-peristiwa di masa lalu pada saat mereka yang telah meninggal masih hidup. Biasanya pada saat itu orang-orang Jepang kumpul keluarga untuk mengikuti event ini. Walaupun teknologi di Jepang sangat maju, tetapi orang Jepang masih tetap ingin menghormati leluhurnya dengan rutin mengikuti event ini. Kebiasaan Bon Odori ini awalnya dibawa oleh kaum Buddhis dari China.
  3. Yosakoi

    Yosakoi

    Yosakoi, yang berarti "Silakan datang nanti malam" adalah tarian Jepang yang enerjik dengan perpaduan musik tradisional Jepang dan musik modern. Tarian ini dilakukan oleh sebuah tim yang terdiri dari pria saja, wanita saja atau campuran. Penari Yosakoi masing-masing membawa alat musik ritmik bernama Naruko yang cara memainkannya adalah dihentakkan oleh kedua tangan sehingga beradu dan menghasilkan bunyi.Yosakoi ada sejak tahun 1954, berasal dari kota Kochi, Jepang.
  4. Samurai Academy System
    Salah satu organisasi bujutsu yang didirikan oleh David Asada, alumnus Fakultas Ilmu Budaya UGM pada tahun 2006. Latihan yang dilakukan organisasi ini antara lain : Practical hand-to-hand art (Gosshintaijutsu), Traditional hand-to hand art (Taijutsu), Soft hand-to-hand art (Jutaijutsu), Sword art (Kenjutsu), Long & short staff art (Bo Jutsu), Knife art (Tanto Jutsu), Vital point strike (Kyusho Jutsu), Japanese cultural history (Nihon Jijou).
  5. Harajuku Hairstyle

    Harajuku Hairstyle

    Sebetulnya Harajuku merupakan nama suatu kawasan di sekitar Stasiun JR Harajuku, distrik Shibuya, Tokyo. Kawasan ini dekat dengan pusat perbelanjaan, Kuil Meiji dan Laforet department store. Maka dari itu kawasan Harajuku juga dijadikan tempat nongkrong anak-anak muda di Jepang. Biasanya anak-anak sekolah dari berbagai pelosok ingin mengadakan studi wisata di kawasan ini. Sebuah fenomena yang terdapat di kawasan ini adalah selalu adanya sekelompok anak muda yang berpakaian dan berdandan aneh. Dari potongan rambut, pakaian sampai sepatu. Orang-orang biasa menyebut gaya rambut mereka yang aneh itu dengan sebutan Harajuku Hairstyle.
  6. J-Movie
    J-Movie adalah movie atau film Jepang. Biasanya orang-orang yang ikut dalam komunitas ini mengadakan rutinitas nonton film bareng ataupun hanya mau membedah suatu film. Jenis film yang ditonton bisa dari berbagai jenis genre. Yang penting fim Jepang alias J-Movie.
  7. Tokusatsu Live Action

    Tokusatsu(Kamen Riders)

    Tokusatsu adalah sebutan untuk film-film produksi Jepang bergenre sci-fi, fantasi, horror atau live-action. Namun di Indonesia Tokusatsu lebih dikenal sebagai film fantasi atau superhero. Tahun 90-an, film-film tokusatsu populer lewat film anak-anak seperti Kamen Rider : V, V3, X, SkyRider, Black, Black RX, Super One, Amazon, Stronger, Shin, ZO dan J; Ultra Series : Ultra Q, Ultraman, Ultra Seven, Ultraman Ace, Ultraman Taro, Ultraman Leo, Ultraman 80, Ultraman Tiga, Ultraman Dyna, Ultraman Gaia; Sentai atau Super Sentai : Dai Sentai Google V, Himitsu Sentai Goranger, Battle Fever J, Kyouryuu Sentai Zyuranger(di USA dikenal sebagai Power Rangers); Metal Hero : Uchuu Keiji Gavan, Uchuu Keiji Sharivan, Uchuu Keiji Shaider, Kyojuu Tokusou Juspion, Jikuu Senshi Spielban, Choujinki Metalder, Sekai Ninja Sen Jiraiya, Kidou Keiji Jiban, Tokkei Winspector, Tokkyuu Shirei Solbrain, Tokusou Exceedraft, Tokusou Robo Janperson, Blue SWAT, Juukou B-Fighter, B-Fighter Kabuto, B-Robo Kabutack, Tetsuwan Tantei Robotack. Sepertinya pada J-Fest nanti akan ada orang-orang yang berkostum superhero-superhero tersebut memainkan aksi superhero di atas panggung tanpa movie effect tentunya.
  8. Chanoyu(Japanese Tea Ceremony)

    Chanoyu

    Chanoyu adalah upacara minum teh, yang filosofinya adalah melayani orang lain untuk mengungkapkan kasih sayang. Pengungkapan tersebut dilakukan dengan cara membuatkan teh. Chanoyu yang bisa disebut Chado ini juga melambangkan kedamaian, harmoni, kebersihan hati, penghormatan kepada yang lebih tua, sebaya atau yang lebih muda. Hal ini disebut falsafah wa-ka-sei-jyaku. Upacara minum teh ini tidak hanya sekedar minum teh glek.. glek.. glek.. lalu selesai, tapi ada tata caranya yang biasa disebut Sen no Rikyu.
  9. Lomba Desain Uchiwa

    Uchiwa

    Uchiwa adalah kipas bundar dari Jepang yang terbuat dari kertas washi dan pegangannya terbuat dari bambu yang pada kertasnya terdapat lukisan khas jepang sebagai hiasan. Kipas ini dulu sering digunakan sewaktu zaman Edo untuk sekedar kipas-kipas karena hawa panas, menari dan mengipasi api pada tungku agar menyala. Selain itu orang Jepang juga banyak yang menganggap bahwa kipas ini juga untuk mengipasi orang lain sebagai bentuk penghormatan kepada orang lain. Nah, desain Uchiwa ini akan dilombakan.
  10. Yukata

    Yukata

    Yukata

    Kata yukata berasal dari kata “yu” yang artinya mandi dan “katabira” yang berarti pakaian dalam. Pada zaman dahulu biasanya Yukata digunakan oleh para bangsawan atau tentara di penginapan atau tempat pemandian umum. Yukata merupakan pakaian seperti kimono yang terbuat dari katun dengan desain warna cerah. Biasanya Yukata dipakai pada saat musim panas, mengingat bahannya terbuat dari katun sehingga adem dan nyaman dipakai. Namun saat ini Yukata juga sering digunakan pada saat Bon Odori dan festival-festival musim panas lain di Jepang.
  11. Pepakura

    Pepakura

    Pepakura adalah seni melipat kertas mirip origami tetapi yang dihasilkan adalah karya 3D. Biasanya pepakura merupakan alternatif jika Anda ingin mempunyai action figure, tapi sedang tidak ada uang untuk membelinya :D Anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan dasar kertas yang agak tebal, misalnya HVS 80 gram. Perbedaannya dengan origami adalah pada pepakura, cara membuatnya adalah dengan cara digambar, digunting, lalu ditempel sedangkan origami hanya dilipat saja, tidak ada proses menggambar, menggunting atau menempel.

12 comments:

  1. wah .. serunya ......kapan ya bisa main ke negri sakura ..

    ReplyDelete
  2. kalo menurutku paling keren yang no 11.. dari kertas bisa jadi kaya gitu...

    ReplyDelete
  3. mas, terima kasih karena udah singgah. sekarang kita berteman, he..he.. salam kenal dari ku (adzan koeboe).

    ReplyDelete
  4. wah.. info yang keren
    dari dulu saya suka J style
    dapet info darimana neh..
    salam kenal ya..

    ReplyDelete
  5. doain yah supaya aku bisa nyusul kakakku di Jepang

    ReplyDelete
  6. @seraKata alias adzan koeboe
    slam kenal juga :)

    @ozant
    dapet infonya ya tanya sama mbah Google. Trus dirangkum.. hehe

    @Novita Indriyati
    saya doakan deh..

    ReplyDelete
  7. Samurai Academy System almtnya dmn maz?
    yg di jgja..blz k emailq y

    ReplyDelete
  8. waduh.. maaf kalo itu aku nggak tau mas..
    yg jelas itu di UGM tapi aku kurang tau soalnya aku cuma googling aja.. dan aku mahasiswa UKDW, bukan UGM..

    ReplyDelete
  9. budaya jepang keRennnnnnnnnnnnnnnn

    ReplyDelete
  10. wAw....
    iT's so aMaziNg...
    peNgennnn bWgt k JpanG...
    kYk nA sRu bwGt yuA??

    ReplyDelete
  11. menurut gue yg bagus no.3 karena gerakan nya lumayan indah dan enerjik

    ReplyDelete