Tuesday, December 16, 2008

Ternyata Karakterku KOLERIS

,
Iseng-iseng nyobain semacam tes kepribadian di facebook, hasilnya ternyata Karakterku KOLERIS.. Tapi kebanyakan temen-temen, aku orangnya melankolis... hehehe...
Nha ini Hasil dari facebooknya :
hmm, yang enak enak dulu ya, .. anda memiliki bakat pemimpin, tegas, penuh pendirian, tanggung jawab hingga tugas selesai, dan dapat diandalkan. Dunia semakin lebih baik dengan kepemimpinan anda. wah, enak juga ya jadi koleris .. sudah bisa memimpin sejak kecil, suatu bakat yang menyenangkan sepertinya ... tapi jangan senang dulu karena ada kelemahan dibalik karakter ini, yaitu .. karena secara alami memimpin, maka paling suka bossy nyuruh nyuruh, keras kepala dan tidak suka menjadi pengikut. Tegas karena penuh pendirian jadi sering menganggap dirinya benar tapi orang lain salah plus tentu saja hobinya yang mengkritik. Bertanggung jawab hingga tugas selesai sampai sampai paling gak suka (atau kadang panik marah) bila tugas tersebut di lakukan orang lain dengan cara yang lain (orang lainkan salah, saya benar), dan karena hasil akhirnya bagus dan orang lain semakin mengandalkannya, semakin yakin pula bahwa dia benar orang lain salah. Emosi yang serius dan goal orientasi membuat orang sekitar merasa perlu mengikuti kehendaknya. Berhubung berorientasi pada hasil akhir, maka koleris sering tidak sabaran pada proses perjalanan hidupnya dan sering kali merasa tidak perlu orang lain karena orang lain hanya pengganggu saja. Maka, khusus untuk koleris, hal hal yang perlu tangani secara harian adalah :
1. Belajar menikmati proses (seperti bersiul, bersenang senang, istirahat, relaxasi dll) Karena kerja kita akan lebih efesien dengan perasaan senang daripada terburu buru.
2. Belajar bekerja dengan orang lain. Mungkin hasilnya tidak maximal, tapi itu lebih baik dari pada hasil maximal dikerjakan sendiri tapi menyakiti perasaan orang banyak.
3. Sabarlah terhadap kondisi dan sikap orang lain. Debat sama sekali tidak ada gunanya. keluwesan dalam menangani situasi sangat dibutuhkan dalam kesuksesan hidup.
4. Belajar menghargai kelebihan orang lain walaupun sedikit. Kurangi kritikan, tidak ada yang suka dikritik !! tapi orang suka dihargai.


mmm... Wah jadi kepengen posting tentang kepribadian yang lainnya nih, seperti Sanguinis, Melankolis dan Plegmatis... Tunggu postingan saya berikutnya.. hehehe....

0 comments to “Ternyata Karakterku KOLERIS”

Post a Comment