Sunday, January 4, 2009

Mematikan aRts Daemon Service

,
Jika Anda menggunakan KDE sebagai window manager Anda di linux, aRts sering menjadi masalah jika dijalankan berbarengan dengan ALSA. Kadang bisa crash.. Jika sudah crash, mungkin suara hilang sampai separah-parahnya komputer bisa ngehang. Solusinya agar tidak crash dengan ALSA adalah mematikan aRts-nya itu sendiri.. Nah, tapi kalo aRts dimatikan, nanti suara pada event-event KDE menjadi tidak bersuara lagi donk, karena aRts digunakan untuk memainkan system notification di KDE.??
Yup.. memang menjadi tidak bersuara, tapi ada alternatif lain agar system notification pada KDE tetap dapat berjalan. Berikut ini langkah-langkahnya :
  1. Matikan aRts sound server
    Anda dapat mematikannya dengan cara masuk ke KDE control center, lalu pilih sound & multimedia, lalu pilih sound system. Uncheck pilihan Enable the sound system dan applylah.
  2. Ganti player settings pada system notifications dengan external player
    Cara menggantinya adalah dengan masuk ke KDE control center, lalu pilih system notifications. Setelah itu pada bagian kanan bawah klik tombol "Player Settings". Ubah dari pilihan "Use the KDE sound system" ke "Use an external player". Isikan play pada textbox dibawah pilihan tersebut. Klik OK lalu Apply..

Selesai.. :D Biar mantap, restrart KDEnya.. Kini komputer Anda tidak bermasalah lagi dengan aRts dan sound tetap berjalan baik..

1 comments:

  1. xyzIhy dqdwnloaknxa, [url=http://rojunyikyyxg.com/]rojunyikyyxg[/url], [link=http://jxbxuvberdcb.com/]jxbxuvberdcb[/link], http://msmvoaquzajb.com/

    ReplyDelete